Staf Pengelola Website di Lingkungan Umuslim ikuti Bimtek

News.umuslim.ac.id – (03/08/2023).  Rektor Universitas Almuslim Peusangan Bireuen (Umuslim), mendorong semua staf dan operator IT Fakultas, Program studi dan Lembaga serta unit kerja di lingkungan Umuslim memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang proses edukasi, kemitraan dan promosi.  Salah satunya melalui pengelolaan secara professional Website dan situs Journal pada unit kerjanya.

Alhamdulillah, selama ini telah berjalan dengan lancar, namun perlu ditingkatkan secara baik dan professional, sebut Rektor Dr. Marwan, M.Pd.

Kata Rektor, dengan adanya Website pada unit kerja, khususnya pada Program Studi diharapkan mampu menjadi media informasi, komunikasi dan mengenalkan aspek profil, layanan dan prestasi kepada para mahasiswa dan stakeholder.  Baik terkait dengan aktivitas program studi, kegiatan akademik, kemahasiswaan, kerjasama, penelitian dan pengabdian, prestasi dosen dan mahasiswa serta implementasi pelaksanaan kampus merdeka.

Saat ini, sudah tampak hasilnya, denga informasi yang disampaikan dalam berita resmi Webometrics dan UniRank, yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi di dunia dan di Indonesia. Umuslim, dalam versi UniRank tahun 2023 atas penilaian kepopuleran website, pelaksanan Pendidikan dan akreditasi kampus menduduki peringkat ketiga se-Aceh dan 114 secara nasional.  Sedangkan dari versi Webometrics, menduduki peringkatan ke-4 PT se-Aceh, 121 secara nasional dan peringkat 6080 di dunia.

Untuk hal tersebut, hari ini dilakukan peningkatan kemampuan pengelola website terhadap sejumlah staf pengelola website dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek).  Kegiatan yang di ikuti oleh beberapa berwakilan, yakni dari Tim IT Program pascasarjana (Zuryana S.Kom, Moulida, SE, Yenni Susanti SPd dan Putri Ayuini SE), staf prodi Informatika (Afrizal S.Kom) Ridwan S.Pd (dari staf FKIP), Saiful Ramadhan S.Kom (staf Fak Pertanian),  Maghfirah Fitri S.Tr Keb (staf Fak Kesehatan) dan Siti Hajar S.Kom dari Fakultas Teknik.

Dalam penjelasan pemateri Bimteks, Win Konadi M.Si, penggunaan IT seperti website menjadi sesuatu keniscayaan, Karena Website merupakan suatu instrumen penting sebagai media komunikasi dan informasi untuk memperkenalkan perguruan tinggi (PT) kepada masyarakat. Dan saat ini, kepopuleran website dalam suatu institusi public menjadi Value Added tersendiri menilai kualitas, dan lebih jauh – dari informasi yang tersedia dan ruang akses yang mudah dan cepat, menjadi bagian dari Marketing value PT kepada stakeholder dan masyarakat luas, jelas Win.

Maka para ahli informasi dan marketing, telah memberi garansi bahwa Website Kampus Berperan Penting, baik sebagai gerbang utama bagi masyarakat mengenal kampus. Sebagai alat untuk branding perguruan tinggi. Agar dapat menjalin kerjasama dengan stakeholder khususnya dengan Mitra. Dan saat ini membangun kolaborasi dengan Mitra menjadi keharusan, urai Dosen Statistik Umuslim ini.

Saat ini, tambahnya, para asesor dari BAN-PT ataupun Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) meminta agar program studi sedianya menyajikan data untuk penilaian akreditasinya pada laman web.

Kepada para peserta Bimtek juga dibekali teknis pembuatan template, menu konten yang popular, dengan mengisi event kampus, aktivitas sivitas akademika, prestasi dan fasilitas di setiap unit.  Baik dalam kemasan menu News (Berita) dan gallery serta cara link dengan beberapa komunitas dan icon sosial.

Materi secara teknis ini diberikan langsung oleh Kepala Pusat Komputer (Puskom) Umuslim Husni Abda S.Kom yang didampingi oleh user website universitas dan kepala Keuangan Umuslim, Rudy Juli Saputra, M.Pd.@.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *